Kamis, 04 Februari 2016

Pengukuran Promosi Penjualan



Salah satu model yang menjelaskan konsumen dalam menganalisa suatu produk yang dapat menumbuhkan niat beli konsumen melalui tahap yang dikenal dengan model AIDA yang terdiri dari Attention (perhatian), Interst (minat), Desire (keinginan), dan Action (tindakan). Melalui penawaran produk dan promosi yang menarik dan menjanjikan, diharapkan konsumen akan lebih tertarik dan berminat untuk membeli produk-produk yang ditawarkan. Jika seseorang akan membeli suatu produk maka akan denga sendirinya memasuki tahap model respon AIDA. Menurut Elmo Lewis dalam (Ahmad Fauzi 2014)
Model AIDA terdiri dari :
1.      Attention adalah mencari dan mendapatkan perhatian khusus kepada segmen target pasar kita
2.      Interest memberikan ketertarikan pembaca/prospek untuk lebih membaca lagi iklan/pemasaran tools yang kita tawarkan dengan keuntungan yang didapat.
3.      Desire memberikan rasa/hasrat keinginan dari pembaca untuk mengikuti apa yang kita tawarkan. Biasanya memberikan testimony para pelanggan yang ada.
4.      Action membuat prospek untuk segera action, perusahaan harus dapat mewujudkan kebutuhan dan harapan konsumen dan memberikan keyakinan bahwa barang, jasa dan ide yang dibeli merupakan langkah yang tepat yang dapat memberikan keuntungan bagi konsumen.
Menurut model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses terjadinya respon dari konsumen.
Proses yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention) terhadap barang yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ketahap ketertarikan (interest) untuk mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk tersebut yang jika intensitas ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (desire) karena barang yang ditawarkan sesuai dengan kebutuhannya. Jika hasrat dan minat begitu kuat baik karena dorongan dari dalam atau rangsangan dari luar maka konsumen atau pembeli tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli barang yang ditawarkan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar