Kamis, 18 Februari 2016

Uji Validitas dan Uji Reabilitas



    Uji Validitas
Analisis validitas dilakukan melalui analisis item untuk menguji apakah item-item yang ada didalam kuesioner layak untuk diikut sertakan dalam analisis selanjutnya. Uji validitas dilakukan dengan mengukur kolerasi antara variabel/item dengan skor total variabel. Kelayakan item ini dapat dilihat melalaui kosistensi jawaban setiap item tersebut terdapat keseluruhan item yang lain. Untuk melihat konsistensi item terdapat keseluruhan item yang lain dapat dilakukan salahsatunya dengan melihat daya pembela item. Dengan mengkorelasikan skor item dengan skor keseluruhan, maka dapat dilihat nilai korelasinya. Sugiama (2008:197) mengatakan uji validitas digunakan untuk menguji tingkat validitas atau kesahihan alat ukur atau pertanyaan dalam angket, apakah alat ukur tersebut benar-benar dapat mengukur apa yang ingin diukur atau tidak. Suatu angket yang sah adalah pertanyaan yang mampu mengungkap sesuatu yang ingin diukur dalam penelitian tersebut.
Menurut Riduwan (2013:109-110) mengenai uji validitas adalah sebagai berikut: Untuk menguji validitas alat ukur, terlebih dahulu dicari harga kolereasi antara bagian-bagian dari alat ukur secara keseluruhan dengan cara mengkolerasikan setiap butir alat ukur dengan skor total yang merupakan jumlah tiap skor butir, dengan rumus Pearson Product Moment. Kaidah keputusan:
Jika  thitung >ttabel  berarti valid sebaliknya
        thitung <ttabel  berarti valid sebaliknya
      Uji Reabilitas
Analisisi reabilitas, yang digunakan untuk mengetahui kemantapan, ketetapan dan homogenitas dari kuesioner yang digunakan. Keandalan yang rendah akan mencerminkan ketidak konsistenan responden dalam menjawab pertanyaan. Dalam menguji reliabilitas ini, metode yang digunakan perhitungan yang akan dipakai adalah metode koefisien Alpha Cronbach, rumus dari Alpha Cronbach adalah sebagi berikut:
α = ¯ k. r
¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯¯
I + (k – I ).r¯
Dimana :
α    = koefisien reliabilitas Alpha Cronbach
k    = jumlah variabel manifest yang memebentuk variabel item
   = rata-rata kolerasi antar variabel manifest
nilai koefisien reliabilitas berkisar antara 0 -1. Semakin tinggi nilai koefisien reliabilitas yang dianggap baik adalah lebih besar dari 0,6

Tidak ada komentar:

Posting Komentar