Menurut Cipta Halim (2010:45), “promosi adalah media untuk mengenalkan
suatu produk barang dan jasa yang baru atau memperkuat brand image suatu produk
yang telah ada sebelumnya”.
“Promotion means activities that
communicate the merits of the product and persuade target customers to buy it” Kotler dan Amstrong (2012:52).
Promosi adalah aktivitas mengkomunikasikan produk dan membujuk pelanggan
sasaran untuk membelinya. Promosi adalah suatu komunikasi
penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli
menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.
Jadi
promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang di dayagunakan
untuk memberitahukan, membujuk dan mengingatkan tentang produk perusahaan. bauran pemasaran menurut Kotler dan
Amstrong (2012:51) :“marketing-mix is the
set of tactical marketing tools that the firm blends to produce the response it
wants in the target market”. Artinya seperangkat alat pemasaran yang
digunakan perusahaan untuk mendapatkan respon dalam target pasar.
Bauran
promosi adalah kombinasi dari penjualan tatap muka, periklanan, promosi
penjualan, publisiti dan hubungan masyarakat yang membantu pencapaina tujuan
perusahaan. Mengukur hasil promosi menurut Djaslim Saladin (2010) Komunikator
harus mengukur dampak promosi pada khalayak sasaran mengenai
- Apakah mereka mengenal dan mengingat pesan yang disampaikan?
- Berapa kali mereka mendengar atau melihat pesan yang disampaikan?
- Bagaimana perasaan atau tanggapan mereka terhadap pesan itu?
- Bagaimana sikap mereka terhadap pesan dan perusahaan
- Berapa banyak yang membeli produk?
- Seberapa jauh mereka menyukainya?
Sedangkan
menurut Buchari Alma (2004:179) promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran,
yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi,
mempengaruhi/membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan
produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan.
Perusahaan memerlukan promosi sebagai alat bantu untuk mengkomunikasikan dan
memberikan informasi mengenai produk kepada konsumen yang bertujuan untuk
membujuk dan menyakinkan kepada konsumen agar bersedia untuk menerima dan
membeli produk yang ditawarkan perusahaan.
Promosi
adalah salah satu alat dari bauran pemasaran (marketing mix). Promosi merupakan salah satu faktor penentu
keberhasilan suatu program pemasaran, karena meskipun suatu produk tersebut
berkualitas, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa
produk tersebut akan berguna bagi mereka,
Promosi sebagai salah satu alat dan bagian dari marketing mix yang memiliki fungsi memberikan informasi dan
mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Bentuk alat-alat promosi disebut
dengan bauran promosi (promotion mix).
Menurut Kotler dan Amstrong (2012:408) definisi bauran
promosi adalah sebagai berikut : “Promotion
mix or marketing communication mix is the specific blend of promotion tools
that the company uses to persuasively communicate customer value and build
customer relationships”. Sedangkan bauran promosi (promotion mix) menurut kotler (2010 : 174) terdiri dari 5 unsur antara lain :
- Periklanan (Advertising)
Adalah
semua bentuk penyajian, non personal, promosi ide, promosi barang atau jasa
yang dibayar oleh sponsor tertentu. Tujuan utama dari periklanan antara lain
menginformasikan, membujuk dan mengingatkan. Media yang digunakan antara lain
media cetak, brosur, famplet, stiker, billboard,
TV, radio.
- Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Adalah
berbagai intensif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu
produk atau jasa. Alat-alat promosi penjualan antara lain kupon, program
pelanggan setia, hadiah langsung, souvenir, dan special event.
- Hubungan masyarakat (public relation)
Yaitu
berbagai program untuk mempromosikan atau untuk melindungi citra perusahaan
atau individunya. Misalnya dengan mengadakan pameran, seminar dan melakukan
sponsor untuk kegiatan sosial.
- Penjualan secara pribadi (Personal Selling)
Adalah
interaksi langsung dengan satu orang atau lebih calon pembeli guna melakukan
presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesan. Oleh karena berhadapan dan
berinteraksi langsung dengan konsumen personal selling mempunyai kelebihan
dibandingkan dengan lat promosi lainnya, dimana jasa tenaga penjual sangat
penting.
- Pemasaran langsung (Direct Market)
Adalah
komunikasi secara langsung yang digunakan dari surat, telpon, fax, email
atau internet untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen secara jelas.
Dari
pendapat diatas dapat diartikan bahwa sebelum melakukan promosi sebaiknya
dilakukan perencanaan yang matang yang
mencakup bauran promosi guna menarik konsumen serta menyebarluaskan
berita-berita komersil yang penting mengenai kebutuhan akan produk, agar hasil
dari kegiatan promosi yang dilakukan memberikan hasil yang maksimal.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar