Selasa, 02 Februari 2016

Konsep Promosi



Menurut Cipta Halim (2010:45), “promosi adalah media untuk mengenalkan suatu produk barang dan jasa yang baru atau memperkuat brand image suatu produk yang telah ada sebelumnya”.
“Promotion means activities that communicate the merits of the product and persuade target customers to buy it” Kotler dan Amstrong (2012:52). Promosi adalah aktivitas mengkomunikasikan produk dan membujuk pelanggan sasaran untuk membelinya. Promosi adalah suatu komunikasi penjual dan pembeli yang bertujuan untuk merubah sikap dan tingkah laku pembeli menjadi mengenal sehingga menjadi pembeli dan tetap mengingat produk tersebut.
Jadi promosi adalah salah satu unsur dalam bauran pemasaran perusahaan yang di dayagunakan untuk memberitahukan, membujuk dan mengingatkan tentang produk perusahaan. bauran pemasaran menurut Kotler dan Amstrong (2012:51) :“marketing-mix is the set of tactical marketing tools that the firm blends to produce the response it wants in the target market”. Artinya seperangkat alat pemasaran yang digunakan perusahaan untuk mendapatkan respon dalam target pasar.
Bauran promosi adalah kombinasi dari penjualan tatap muka, periklanan, promosi penjualan, publisiti dan hubungan masyarakat yang membantu pencapaina tujuan perusahaan. Mengukur hasil promosi menurut Djaslim Saladin (2010) Komunikator harus mengukur dampak promosi pada khalayak sasaran mengenai
  1. Apakah mereka mengenal dan mengingat pesan yang disampaikan?
  2. Berapa kali mereka mendengar atau melihat pesan yang disampaikan?
  3. Bagaimana perasaan atau tanggapan mereka terhadap pesan itu?
  4. Bagaimana sikap mereka terhadap pesan dan perusahaan
  5. Berapa banyak yang membeli produk?
  6. Seberapa jauh mereka menyukainya?
Sedangkan menurut Buchari Alma (2004:179) promosi adalah suatu bentuk komunikasi pemasaran, yang merupakan aktivitas pemasaran yang berusaha menyebarkan informasi, mempengaruhi/membujuk dan mengingatkan pasar sasaran atas perusahaan dan produknya agar bersedia menerima, membeli dan loyal pada produk yang ditawarkan perusahaan yang bersangkutan. Perusahaan memerlukan promosi sebagai alat bantu untuk mengkomunikasikan dan memberikan informasi mengenai produk kepada konsumen yang bertujuan untuk membujuk dan menyakinkan kepada konsumen agar bersedia untuk menerima dan membeli produk yang ditawarkan perusahaan.
Promosi adalah salah satu alat dari bauran pemasaran (marketing mix). Promosi merupakan salah satu faktor penentu keberhasilan suatu program pemasaran, karena meskipun suatu produk tersebut berkualitas, bila konsumen belum pernah mendengarnya dan tidak yakin bahwa produk tersebut akan berguna bagi mereka, Promosi sebagai salah satu alat dan bagian dari marketing mix yang memiliki fungsi memberikan informasi dan mengkomunikasikan produk kepada konsumen. Bentuk alat-alat promosi disebut dengan bauran promosi (promotion mix).
Menurut Kotler dan Amstrong (2012:408) definisi bauran promosi adalah sebagai berikut : “Promotion mix or marketing communication mix is the specific blend of promotion tools that the company uses to persuasively communicate customer value and build customer relationships”. Sedangkan bauran promosi (promotion mix) menurut kotler (2010 : 174) terdiri dari 5 unsur antara lain :
  1. Periklanan (Advertising)
Adalah semua bentuk penyajian, non personal, promosi ide, promosi barang atau jasa yang dibayar oleh sponsor tertentu. Tujuan utama dari periklanan antara lain menginformasikan, membujuk dan mengingatkan. Media yang digunakan antara lain media cetak, brosur, famplet, stiker, billboard, TV, radio.
  1. Promosi Penjualan (Sales Promotion)
Adalah berbagai intensif jangka pendek untuk merangsang pembelian atau penjualan suatu produk atau jasa. Alat-alat promosi penjualan antara lain kupon, program pelanggan setia, hadiah langsung, souvenir, dan special event.
  1. Hubungan masyarakat (public relation)
Yaitu berbagai program untuk mempromosikan atau untuk melindungi citra perusahaan atau individunya. Misalnya dengan mengadakan pameran, seminar dan melakukan sponsor untuk kegiatan sosial.


  1. Penjualan secara pribadi (Personal Selling)
Adalah interaksi langsung dengan satu orang atau lebih calon pembeli guna melakukan presentasi, menjawab pertanyaan dan menerima pesan. Oleh karena berhadapan dan berinteraksi langsung dengan konsumen personal selling mempunyai kelebihan dibandingkan dengan lat promosi lainnya, dimana jasa tenaga penjual sangat penting.
  1. Pemasaran langsung (Direct Market)
Adalah komunikasi secara langsung yang digunakan dari surat, telpon, fax, email atau internet untuk mendapatkan tanggapan langsung dari konsumen secara jelas.
Dari pendapat diatas dapat diartikan bahwa sebelum melakukan promosi sebaiknya dilakukan perencanaan yang matang  yang mencakup bauran promosi guna menarik konsumen serta menyebarluaskan berita-berita komersil yang penting mengenai kebutuhan akan produk, agar hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan memberikan hasil yang maksimal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar