Salah
satu model yang menjelaskan konsumen dalam menganalisa suatu produk yang dapat
menumbuhkan niat beli konsumen melalui tahap yang dikenal dengan model AIDA
yang terdiri dari Attention
(perhatian), Interst (minat), Desire (keinginan), dan Action (tindakan). Melalui penawaran
produk dan promosi yang menarik dan menjanjikan, diharapkan konsumen akan lebih
tertarik dan berminat untuk membeli produk-produk yang ditawarkan. Jika
seseorang akan membeli suatu produk maka akan denga sendirinya memasuki tahap
model respon AIDA. Menurut Elmo Lewis dalam (Ahmad Fauzi 2014)
Model
AIDA terdiri dari :
1. Attention
adalah mencari dan mendapatkan perhatian khusus kepada segmen target pasar kita
2. Interest memberikan
ketertarikan pembaca/prospek untuk lebih membaca lagi iklan/pemasaran tools
yang kita tawarkan dengan keuntungan yang didapat.
3. Desire memberikan
rasa/hasrat keinginan dari pembaca untuk mengikuti apa yang kita tawarkan.
Biasanya memberikan testimony para pelanggan yang ada.
4. Action membuat
prospek untuk segera action, perusahaan
harus dapat mewujudkan kebutuhan dan harapan konsumen dan memberikan keyakinan
bahwa barang, jasa dan ide yang dibeli merupakan langkah yang tepat yang dapat
memberikan keuntungan bagi konsumen.
Menurut
model ini, alat promosi harus menarik perhatian, mendapatkan dan mendorong
minat, membangkitkan keinginan, dan menghasilkan tindakan. Dalam membangun
program komunikasi yang efektif, aspek terpenting adalah memahami proses
terjadinya respon dari konsumen.
Proses
yang diawali dengan tahap menaruh perhatian (Attention)
terhadap barang yang kemudian jika berkesan dia akan melangkah ketahap
ketertarikan (interest) untuk
mengetahui lebih jauh tentang keistimewaan produk tersebut yang jika intensitas
ketertarikannya kuat berlanjut ke tahap berhasrat/berminat (desire) karena barang yang ditawarkan
sesuai dengan kebutuhannya. Jika hasrat dan minat begitu kuat baik karena
dorongan dari dalam atau rangsangan dari luar maka konsumen atau pembeli
tersebut akan mengambil keputusan untuk membeli barang yang ditawarkan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar